Enkapsulasi dalam PBO

PBO

Pemrograman berorientasi objek (PBO) Merupakan paradigma pemograman berdasarkan konsep “objek”, yang dapat berisi data, dalam bentuk field atau dikenal juga sebagai atribut; serta kode, dalam bentuk fungsi/prosedur atau dikenal juga sebagai method. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Bandingkan dengan logika pemograman terstruktur Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya.

KONSEP DASAR PBO

  • Kelas

kumpulan atas definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu. 

  • Objek

membungkus data dan fungsi bersama menjadi suatu unit dalam sebuah program komputer; objek merupakan dasar dari modularitas dan struktur dalam sebuah program komputer berorientasi objek.

  • Abtraksi

Kemampuan sebuah program untuk melewati aspek informasi yang diproses olehnya, yaitu kemampuan untuk memfokus pada inti.

  • Enkasulasi

Memastikan pengguna sebuah objek tidak dapat mengganti keadaan dalam dari sebuah objek dengan cara yang tidak layak; hanya metode dalam objek tersebut yang diberi izin untuk mengakses keadaannya.

  • Polimorfisme

 melalui pengiriman pesan. 

ENKAPSULASI

Pengertian dasar dari encapsulation  adalah penyembunyian data dengan membungkus seluruh member dari class tersebut sehingga nilainya tidak dapat diubah menjadi apa yang tidak diinginkan atau menyelipkan sebuah proses bisnis didalamnya. Pengertian lainnya adalah sebuah proses dalam menyatukan data yang kita kelola menjadi sebuah kelompok tertentu dimana pembentukannya terjadi secara abstrak.

Ecapsulation yaitu merupakan sebuah proses pengelompokan property & method serta memberikan hak akses kepada propertymethod yang menyebabkan property hanya dapat diakses melalui method accessor dan tidak dapat di rubah tanpa melalui prosedur yang seharusnya yang diatur pada method mutator.

Di dalam OOP encapsulation berbentuk class yang terdiri dari property & method yang mempunyai hak akses tertentu terhadapenvironment/lingkungannya, yang biasa disebut Acces Modifier. Encapsulation biasa dilambangkan dengan penggunaan accessor danmutator atau disebut juga dengan metode get dan set. Dinamakan accessor (get) karena metode ini hanya mengambil tanpa mengubahstate dari member tersebut, dan dinamakan mutator (set) karena metode ini juga mengubah state dari member tersebut. Method-methodini dideklarasikan sebagai public, sedangkan variable dideklarasikan sebagai private

Enkapsulasi di Ibaratkan seperti Kapsul.

Syarat Enkapsulasi

  • Data dan fungsi yang disembunyikan harus berlabel private atau protected(jika dibutuhkan untuk hubungan antar class), agar tidak bisa diakses secara sembarang dan disalahgunakan.
  • Data dan fungsi yang digunakan untuk antarmuka harus berlabel public.

Contoh program Enkapsulasi.

1. Membuat kelas (Tentukan atribut public, private, protected)
2. Membuat set dan get

3. Membuat kelas lain dengan nama sks

4. Run program

Sumber :

http://desainnyaf.blogspot.com/2014/09/contoh-program-enkapsulasi.html

http://hadiprojek.blogspot.com/2013/03/pemogrman-berorientasi-objek.html

http://pratamasandya.wordpress.com/2013/04/28/enkapsulasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *